Connect with us

NEWS

Persiapan Tradisi “Grebeg Sura Gunung Tidar” Dimulai

Published

on

KOTA MAGELANG,jarrakpos.com – Perhelatan tahunan dalam melestarikan tradisi dan budaya di Gunung Tidar Kota Magelang bakal digelar tanggal 5-6 Juli 2024, dengan tajuk “Grebeg Sura Gunung Tidar”. Persiapan acara sudah dimulai dalam minggu ini, diawali dengan kerja bakti mempersiapkan arena dan kelengkapan lain, Rabu (19/06/2024).

Kerja bakti tersebut dilakukan oleh para Abdi Gunung Tidar, Juru Kunci, dan juga masyarakat lingkungan Gunung Tidar. Kegiatan tampak dilakukan dengan semangat dan penuh rasa pengabdian akan kelestarian tradisi di “Pakuning Tanah Jawa” tersebut.

Salah satu anggota Pengurus Abdi Gunung Tidar, Sigit, menuturkan, dengan persiapan jauh hari sebelum pelaksanaan Grebeg Sura, dengan maksud gelaran lebih siap, terutama masalah lokasi acara.

“Kita ingin gelaran Grebeg Sura nanti memberikan suguhan acara yang berjalan lancar. Untuk itu arena acara harus kita siapkan agar para peserta dan pengunjung lebih nyaman, dan prosesi grebeg memberi kesan positif,” ujarnya, Rabu (19/06/2024).

Advertisement

Dikatakan Sigit, selain menyiapkan lokasi, di hari sebelumnya para Abdi Gunung Tidar juga menyiapkan perlengkapan untuk sesi kirab budaya.

“Ya dengan keterbatasan dan kemampuan kami, kami tetap bersemangat untuk acara mendatang. Semangat kami adalah melestarikan budaya dan mengenalkan tradisi di Gunung Tidar untuk masyarakat luas,” ungkapnya.

Dok.jarrakpos/fri

Sigit berharap, Grebeg Sura Gunung Tidar dapat menjadi daya tarik masyarakat luas untuk datang ke Kota Magelang, khusunya ke Gunung Tidar.

“Kita tahu, Gunung Tidar ini memiliki Kebun Raya juga tempat ziarah yang dibuka untuk umum. Maka layak bila di Gunung Tidar kita gelar berbagai acara, salah satunya acara tahunan Grebeg Sura Gunung Tidar,” kata Sigit.

Mewakili Juru Kunci, Pengurus Abdi Gunung Tidar, Sigit mengucapkan terimakasih kepada para pemuda dan masyarakat sekitar Gunung Tidar yang telah mendukung rencana kegiatan. Termasuk kiprah dalam persiapan tradisi Grebeg Sura Gunung Tidar. (Fri)

Advertisement

 

 

Editor : Feri

Advertisement
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Warning: Undefined variable $user_ID in /home/jarrakpos/public_html/wp-content/themes/zox-news/comments.php on line 49

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply