Connect with us

DAERAH

Kirab Budaya Grebeg Suro Gunung Tidar 2024 Sedot Penonton

Published

on

KOTA MAGELANG,jarrakpos.com – Kirab Budaya Grebeg Suro Gunung Tidar 2024 cukup menyedot penonton warga Kota Magelang dan sekitarnya di sepanjang rute kirab, Sabtu (06/07/2024) sore. Kirab berlangsung tertib dengan rute area panggung kesenian-Terminal lama-Jalan Ikhlas-Jalan Tidar-Mako Koramil Magelang Selatan-kembali ke area panggung kesenian.

Barisan kirab terdepan adalah Juru Kunci dan Abdi Gunung Tidar, kemudian peserta dari luar daerah, ogoh-ogoh Semar, ogoh-ogoh Anoman, dan ogoh-ogoh Kambing Hitam. Barusan berikutnya Buana Marchingband Windusari, dan kesenian Liong Samsi dari Gunungsari Windusari.

Salah satu anggota Panitia Kirab, Sigit mengatakan selain warga setempat, peserta kirab juga dari luar daerah. Dikatakan mereka hadir turut menyemarakkan kegiatan Grebeg Suro Gunung Tidar 2024, seperti pada grebeg tahun sebelumnya.

“Mereka masih ada kaitan persaudaraan kuat dengan Juru Kunci dan para Abdi Gunung Tidar. Sehingga selalu hadir dalam acara Grebeg Suro Gunung Tidar. Termasuk turut serta dalam Kirab Budaya dan Ritual Adat di puncak Tidar,” kata Sigit.

Advertisement

Dok.jarrakpos/fri

Sementara itu, salah satu peserta kurang dari luar daerah, Marju Maryanto (51) asal Dusun/Desa Tanggulanom, Selopampang, Temanggung mengaku dirinya ikut menyemarakan Grebeg Suro Gunung Tidar tidak sendirian. Kali ini beserta kurang lebih 150 orang termasuk para seniman yang mengisi acara.

“Kami bersyukur dapat terlibat dalam acara Grebeg Suro Gunung Tidar. Kami senang, persaudaraan kami terjaga dan dapat bersama-sama memperingati malam 1 Suro di Gunung Tidar, juga bisa ikut Kirab Budaya seperti hari ini,” ungkapnya. (Fri)

 

 

Editor : Feri

Advertisement
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Warning: Undefined variable $user_ID in /home/jarrakpos/public_html/wp-content/themes/zox-news/comments.php on line 49

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply