Connect with us

DAERAH

Pengamat Pemilu: Pilbup Pacitan, Bupati Aji King Makernya?

Published

on

Pacitan,Jarrakpos.com- Pilkada Pacitan, memang baru akan berlangsung di November nanti. Meski begitu, perhelatan pesta demokrasi lima tahunan itu, sejatinya sudah selesai, dan Bupati Raden Mas Tumenggung Indrata Nur Bayuaji yang akan kembali melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan di bumi kelahiran Presiden ke enam RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Pengamat Pemilu di Pacitan, Berty Stevanus mengatakan, Bupati Aji (Indrata Nur Bayuaji, Red) ini, bisa dibilang sebagai “king maker” di perhelatan Pilbup serentak 2024 di Pacitan. “Mas Aji inilah king makernya, yang membuat Pilkada Pacitan selesai,” kata Berty, Senin (8/7).

Menurut Berty, empat partai besar pemilik kursi parlemen di Pacitan, hanya dua partai yang sampai detik ini masih floating dalam memutuskan arah politiknya.

Kedua partai besar tersebut, sambung Berty, yaitu Golkar dan PDI-P. Sementara PKB, ia optimis akan bergabung dengan Demokrat. “Khususnya Golkar selama ini terkesan hanya diam. Tapi justru ini sebagai sinyal kuat kalau mereka akan kembali rujuk dengan Demokrat. Sehingga tinggal PDI-P dan beberapa partai kecil lainnya, seperti PPP, PKS, dan NasDem. Kalau Gerindra saya yakin, juga akan bergabung ke kubu Mas Aji,” jelasnya.

Advertisement

Sinyal tersebut sebagai bukti, kepiawaian dari Bupati Aji dalam mengendalikan konstelasi politik jelang Pilbup. “Kondisi ini akan memicu terjadinya pasangan calon tunggal. Kalaupun ada lawan, potensinya sangat kecil. Tinggal menunggu sikap PDI-P dan partai kecil lainnya,” tukas mantan Ketua Bawaslu Pacitan ini. (Red/yun).