Connect with us

OLAHRAGA

Suka Duka Atlet Arung Jeram Sumut: Kerja Keras Berbuah Prestasi Luar Biasa

Published

on

Medan – Selama satu setengah tahun persiapan dilakukan, dengan segala suka duka serta halangan dan rintangan, namun kini para atlet arung jeram Sumatera Utara bisa merasakan buah prestasi yang luar biasa dan membanggakan.

Momen-momen haru dialami enam atlet putra dan enam putri yang memperkuat tim arung jeram Sumut berlomba di Sungai Alas dan Sungai Mamas, Aceh Tenggara, Provinsi Aceh, dalam gelaran PON XXI Aceh-Sumut 2024.

Dengan segala keterbatasan, sejauh ini mereka bisa meraih 2 medali emas, 2 perak dan 1 perunggu.

Sekretaris umum FAJI Sumut Elwin Reza Pahlevi yang dihubungi dari Medan, Senin (16/9/2024), menceritakan kisah mereka selama menjalani pelatihan sebelum PON hingga saat event berlangsung.

Advertisement

“Tidak mudah proses dan persiapan yang dilewati. Latihan keras di beberapa sungai di Sumut seperti Sungai Tuntungan, di Danau Cadika untuk memantapkan teknik dayung, juga Sungai Bahbolon, Sungai Buaya dan Sungai Bingai, agar tim lebih terbiasa dengan jeram-jeram di arena PON,” Reza.

Sejak awal mereka menyadari tim ini tidak sekuat tim-tim daerah lain yang lebih dominan dalam arti punya persiapan lebih baik dengan anggaran yang lebih cukup, bahkan dengan dukungan-dukungan berbagai pihak.

“Tapi kami tetap semangat dan tetap siap, penuh keyakinan bahwa kita juga bisa meraih prestasi di PON,” ucapnya.

Karenanya para atlet Sumut bertanding dengan penuh semangat untuk ikut mengharumkan nama Sumut di tingkat nasional.

Advertisement

Para atlet Sumut yang berasal dari Langkat, Serdang Bedagai dan juga Medan ini punya segudang cerita suka dan duka selama menjalani Pelatda.

“Kadang harus melalui hujan, berteduh di bawah pohon, kemana-mana naik mobil bak terbuka,” kisah nya

Dikatakan mereka, segala duka itu terbayar dengan prestasi ini. “Dua bulan kami menjalani TC di Sungai Alas dan Sungai Mamas, Aceh Tenggara, agar mampu mengenali medan dan jeram-jeram sungai. Selama di sana juga banyak kisah, bagaimana berjibaku dengan kondisi cuaca, berbagai perlengkapan yang dibawa dan dipersiapkan,” paparnya.

Tetapi alhamdulillah, timpal Pelatih Lukman Meeng, di kawasan Sungai Alas mereka bisa bersosialisasi dengan masyarakat sekitar sehingga banyak dibantu. Bahkan mereka mendapat hiburan-hiburan kecil. “Karena kami juga tinggal di rumah-rumah masyarakat,” imbuhnya.

Advertisement

Atas prestasi yang diraih, tim ini mengucapkan terimakasih kepada KONI Sumut serta FAJI Sumut di bawah pimpinan Dimas Tri Adji, yang bergantian mengunjungi atlet selama latihan.

Bahkan mereka urunan atau bahasa Medannya ‘tek-tekan’ memberi uang fooding. “Dukungan moril dan semangat dari teman-teman sesama pegiat arung jeram yang hadir langsung di arena juga sangat kami hargai. Terutama para orang tua atlet yang sengaja kami fasilitasi untuk ikut menyaksikan di lokasi,” katanya.

Meeng kembali mengisahkan, momen paling mengharukan ketika tim putri mendapat medali emas down river race setelah awalnya tertinggal dari tim kuat lain, hingga akhirnya menyusul lawan satu persatu.

“Pada 100 meter jelang akhir, mereka mampu melampaui tim Jawa Timur, hingga finish terdepan. Momen ini disambut gegap gempita penonton termasuk tangisan keluarga,” ungkapnya.

Advertisement

Jerih payah selama ini terbayarkan dengan medali emas yang diraih. “Selaku salah seorang pelatih tim Sumut, dengan momentum prestasi PON ini, diharap juga bisa memotivasi Pengcab-Pengcab FAJI di Sumut untuk lebih serius membina arung jeram, baik sebagai olahraga maupun wisata agar bisa muncul.potensi-potensi atlet baru,” cetus Meeng.

Meeng juga berharap dukungan pembinaan dari pemerintah kabupaten/kota yang punya potensi arung jeram agar bisa memberikan support sarana atau fasilitas.

“Sehingga untuk event tingkat nasional ke depan kita bisa lebih baik lagi. Bahkan diharap kelak bisa berprestasi internasional,” demikian kata Meeng.

Saat ini Sumut mengemas, 1 emas DRR R4 putri, 1 emas DRR R6 putri , 1 perak DRR R6 putra , 1 perak H2H R6 putra, 1 perak H2H R4 putri ,1 perunggu DRR R4 putra, 1 perunggu Sprint R6 putri, 1 perunggu Sprint R4 putri

Advertisement
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Warning: Undefined variable $user_ID in /home/jarrakpos/public_html/wp-content/themes/zox-news/comments.php on line 49

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply