Connect with us

DAERAH

Dirjenhub Darat Kemenhub Luncurkan Website E- Ticketing Terpadu di Terminal Tidar Magelang

Published

on

KOTA MAGELANG,JARRAKPOS.COM – Nantinya, keberadaan Terminal Tipe A Tidar Kota Magelang tidak sekadar tempat untuk transit atau naik-turun penumpang. Tetapi menjadi tempat edukasi dan gerbang menuju destinasi-destinasi wisata di Kota Magelang dan sekitarnya.

Sebab Terminal Tidar akan menjadi portal utama e-ticketing antarmoda agar mempermudah penumpang memesan tiket transportasi. Sistem tersebut akan terintegrasi dengan berbagai moda lainnya untuk mendukung sektor pariwisata di Magelang.

Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Irjen Pol Risyapudin Nursin mengapresiasi pelayanan khusus wisata di Terminal Tidar ini sebagai inovasi yang diharapkan bermanfaat bagi masyarakat.

“Saya menyambut baik pelayanan Terminal Tidar ini, khusus wisata, dan pelayanan-pelayanan berbasis digital, yang bisa digunakan oleh masyarakat,” katanya usai meluncurkan website e-ticketing terpadu di Terminal Tipe A Tidar Kota Magelang, Minggu (6/10).

Advertisement

Sementara itu ,Bagian Pelayanan Terminal Tipe A Tidar Kota Magelang Doni Amir Nurrokhim menjelaskan, masyarakat atau wisatawan bisa memanfaatkan layanan wisata ini dengan memesan tiket secara online di website Terminal Tidar. Ada banyak paket yang ditawarkan dan dipilih oleh wisatawan dengan harga bervariasi.

Ada paket city tour atau khusus berkeliling Kota Magelang. Ada juga paket plus sampai ke sekitar Kota Magelang seperti ke Candi Borobudur. Selain itu, nantinya akan ada program wisata custom atau wisatawan dapat memilih tujuan wisata yang dikehendaki.

“Wisatawan akan diantar menggunakan mobil VW, ada 8-10 unit yang disediakan. Rutenya (city tour) dari Terminal Tidar, Artos Mal, Kebun Raya Gunung Tidar, Alun-alun.

Dok.jarrakpos/fri

Pjs Wali Kota Magelang Ahmad Aziz mengutarakan, Terminal Tidar menjadi ikon yang dikenal sebagai tempat untuk naik-turunnya para penumpang. Ke depan, dia berharap, keberadaan terminal juga menjadi tempat edukasi untuk berkendara dengan baik dan benar.

“Apalagi nanti ini (Terminal Tidar) dihubungkan dengan sejumlah tempat wisata, khususnya di Kota Magelang dan daerah sekitarnya, seperti Kabupaten Magelang,” ujarnya.

Advertisement

Terlebih, Kota Magelang memiliki potensi wisata, seperti wisata religi, budaya, militer, dan sejarah. Hal itu dapat daya tarik tersendiri. Ditambah dengan ragam kuliner khas, seperti kupat tahu, sop senerek, dan sebagainya.

Dikatakan Aziz, exit tol Jogja-Bawen yang rencananya akan dibuka di sekitar Terminal Tidar, juga menjadi nilai tambah. Masyarakat akan lebih mudah mengakses tempat-tempat wisata dan daerah tujuan lainnya.

“Adanya exit tol, jadi nilai tambah, jadi ‘pintu’ ke tempat wisata-wisata pakai angkutan khas, misalnya mobil VW. Jadi lebih efektif ketika dalam satu jalur bisa ke banyak titik tujuan,” imbuhnyaa.

Hal penting lainnya, keberadaan Terminal Tidar ini memiliki multiplier effect bagi masyarakat di sekitarnya. Yakni peningkatan pendapatan melalui aktivitas perdagangan maupun orang-orang yang bekerja di terminal.

Advertisement

 

Editor : Feri

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Warning: Undefined variable $user_ID in /home/jarrakpos/public_html/wp-content/themes/zox-news/comments.php on line 49

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply