Connect with us

    DAERAH

    Propam Lakukan Pemeriksaan Kendaraan Personel Dalam Rangka Operasi Zebra Candi 2024

    Published

    on

    KOTA MAGELANG,JARRAKPOS.COM – Seksi Profesi dan Pengamanan (Propam) Polres Magelang Kota, Polda Jawa Tengah, melaksanakan pemeriksaan rutin terhadap kendaraan dan personel Satuan Lalu Lintas (Satlantas) sebelum dimulainya kegiatan pelayanan pagi Selasa pagi, (15/10/2024),. Pemeriksaan ini dilakukan dalam rangka Operasi Zebra Candi 2024, yang bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan dan profesionalisme anggota kepolisian dalam menjaga ketertiban lalu lintas.

    Apel pagi yang berlangsung di halaman mako 2 Mapolres Magelang Kota dipimpin oleh Kasat Lantas, AKP Krida Risanto, dan diikuti oleh seluruh anggota Satlantas. Dalam sambutannya, AKP Krida menekankan pentingnya kesiapan dan kedisiplinan personel dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. “Sebagai petugas penegak hukum, kita harus menjadi contoh yang baik dalam berlalu lintas. Ketaatan kita terhadap aturan lalu lintas akan berdampak positif pada citra kepolisian di mata masyarakat,” ujarnya.

    Setelah apel pagi, pemeriksaan dilanjutkan oleh Seksi Propam yang dipimpin langsung oleh Kepala Seksi Propam, Ipda Pramono. Fokus pemeriksaan meliputi kelengkapan kendaraan dinas maupun pribadi yang digunakan oleh anggota, seperti kondisi fisik kendaraan, lampu, klakson, dan ban. Selain itu, surat-surat kendaraan seperti Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Surat Izin Mengemudi (SIM) juga diperiksa untuk memastikan keabsahannya. Tidak hanya itu, identitas diri anggota, seperti Kartu Tanda Anggota (KTA) dan dokumen pendukung lainnya, turut menjadi objek pemeriksaan.

    “Pemeriksaan ini merupakan langkah penting dalam memastikan bahwa seluruh personel Satlantas siap untuk melaksanakan tugas di lapangan dengan disiplin tinggi. Ketertiban kita sebagai petugas penegak hukum harus dimulai dari diri sendiri, dengan memastikan kelengkapan administrasi dan kondisi kendaraan yang memadai,” kata Ipda Pramono.

    Advertisement

    Ia juga menegaskan bahwa pemeriksaan seperti ini tidak hanya akan dilakukan pada saat Operasi Zebra Candi 2024, tetapi akan terus diterapkan secara berkala.

    Operasi Zebra Candi 2024 merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan oleh kepolisian di seluruh Indonesia, termasuk di wilayah hukum Polda Jawa Tengah. Operasi ini bertujuan untuk menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas dengan meningkatkan kesadaran serta disiplin pengendara. Dalam Operasi Zebra Candi 2024, sasaran penindakan tidak hanya ditujukan kepada masyarakat, tetapi juga kepada anggota kepolisian yang bertugas di bidang lalu lintas.

    Dok.jarrakpos/fri

    Pentingnya ketertiban internal ditekankan oleh Kasat Lantas AKP Krida Risanto, yang menyebutkan bahwa petugas lalu lintas harus memastikan diri mereka tertib terlebih dahulu sebelum menegakkan aturan kepada masyarakat. “Dengan adanya pemeriksaan ini, kita menunjukkan bahwa penegakan hukum tidak tebang pilih, dan kita sebagai aparat harus patuh pada aturan yang kita tegakkan,” tegasnya.

    Selain pemeriksaan, pada apel pagi tersebut juga dilakukan evaluasi terhadap kinerja personel dalam menjalankan tugas-tugas lalu lintas selama beberapa minggu terakhir. Hal ini menjadi bagian dari upaya untuk terus meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat. Evaluasi ini mencakup penanganan kecelakaan lalu lintas, penindakan pelanggaran, serta kegiatan pengaturan dan pengawalan.

    Keberadaan Seksi Propam dalam kegiatan ini merupakan bentuk pengawasan internal yang dilakukan oleh kepolisian untuk menjaga disiplin dan integritas anggota.

    Advertisement

     

    Editor :Feri

    Continue Reading
    Advertisement
    Click to comment

    You must be logged in to post a comment Login

    Leave a Reply

    Advertisement

    Tentang Kami

    JARRAKPOS.com merupakan situs berita daring terpercaya di Indonesia. Mewartakan berita terpercaya dengan tampilan yang atraktif dan muda. Hak cipta dan merek dagang JARRAKPOS.com dimiliki oleh PT JARRAK POS sebagai salah satu perusahaan Media Cyber di unit usaha JARRAK Media Group.

    Kantor

    Jl. Danau Tempe No.30 Desa Sanur Kauh, Denpasar Selatan, Denpasar – Bali Kode Pos: 80227
    Tlp. (0361) 448 1522
    email : [email protected]

    Untuk pengajuan iklan dan kerja sama bisa menghubungi:
    [email protected]