Connect with us

DAERAH

Satgas Covid Batangtura Sirumambe Jemput Bola Bujuk Lansia Tuk Divaksin

Published

on

Tapsel, (JarrakPos) – Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 Kelurahan Batangtura-Sirumambe Kec. Angkola Timur beserta tenaga medis (bidan desa) Gunung Manungkap jemput bola membujuk para lansia agar mau divaksin covid-19, Minggu (29/08) di lingkungan Gunung Manungkap kelurahan Batangtura-Sirumambe.

Kegiatan tersebut merupakan bahagian dari dukungan pemerintah setempat dalam mensukseskan program nasional vaksinasinasi massal covid-19 termasuk diantaranya para lanjut usia (lansia).
Lurah Batangtura-Sirumambe, Tunggul Rambe kepada wartawan menyebutkan, upaya jemput bola ini dilakukan secara persuasif karena banyak para lansia tidak mampu datang ke posko-posko pelayanan vaksin yang sudah disediakan mengingat kondisi kesehatan yang kurang memungkinkan.

“Bahkan dengan usia lanjut dengan keterbatasan pendengaran atau pemahaman, kami petugas Satgas dan tim medis harus rela menyesuaikan bahasa lansia agar mudah difahami merekam”, tandas lurah.
Menurut lurah, terkadang petugas juga mengalami kesulitan atas ketidakmauan para lansia untuk divaksin covid, namun berkat kesabaran yang ditanamkan kepada petugas dan sosialisasi pentingnya vaksinasi covid-19 yang dilaksanakan secara jor-joran, hasilnya memberikan buah yang postif para lansia akhirnya para lansia mau untuk disuntik vaksin.

Lenny Hartaty Harahap yang merupakan bidan desa Gunung Manungkap mengatakan untuk menghadapi para lansia yang belum mau divaksin terpaksa harus melakukan pendekatan terhadap karasteristik local.
“Khusus untuk Gunung Manungkap saya harus membuka silsilah keluarga (tarombo – bahasa batak) demi mendapatkan kepercayaan para lansia, bahkan kami juga harus berulang bolak balik rumah para lansi tang belum mau disuntik vaksin”, cerita Lenny.

Advertisement

Pantauan wartawan, di lingkungan Gunung Manungkap Kelurahan Batangtura-Sirumambe para lansia ada yang sudah berusia 70 tahun dimana sudah terdapat gangguan pendengaran dan pemahaman yang kurang. *(Ali Imran).

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Warning: Undefined variable $user_ID in /home/jarrakpos/public_html/wp-content/themes/zox-news/comments.php on line 49

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply