Connect with us

DAERAH

Jaya Negara-AMD “Dwi Tunggal Nyawa Bali”, “Panca Pandawa AMD for Us Bout” Siap Layani Krama Bali

Published

on

Denpasar, JARRAKPOS.com – Bertepatan dengan Rahinan Tumpek Uye Tokoh Bali Agung Manik Danendra atau AMD, menyerahkan lima buah perahu kepada Pemkot Denpasar. Hal ini dilakukan, untuk mempermudah masyarakat digunakan untuk kepentingan keagamaan seperti Pitra yadnya di segara (laut) yaitu di Pantai Padang Galak Denpasar, sekaligus juga bisa dimanfaakan menggerakkan roda perekonomian masyarakat Bali khususnya nelayan.

Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara, sangat berterima kasih kepada tokoh Bali yaitu AMD yang membantu masyakat Denpasar memberikan lima buah perahu, dan pihaknya akan seger manfaatkan untuk dilakukan kepentingan adat atau upacara keagaamaan. “Dengan adanya pemberian perahu dari AMD, mudah-mudahan krama adat yang melaksanakan upacara di Pantai Padang Galak, dan saya ucapkan terimakasih banyak kepada AMD sangat peduli akan kebutuhan masyarakat Denpasar,” paparnya Sabtu (29/1/2022).

Lanjutnya Jaya Negara, pihaknya akan memastikan bantuan dari AMD akan tepat sasaran, bahkan selain untuk kepentingan keagamaan bantuan tersebut akan dijadikan kepentingan peningkatan ekonomi krama bandega. “Sekali lagi kami menghaturkan terima kasih yang sebesar-besarnya telah mensupport perahu, semoga ini bisa bermanfaat untuk kepentingan masyarakat nelayan meningkatkan perekonomian dan masyarakat Hindu yang melaksanakan prosesi agama upacara yadnya di segara,” ujarnya.

Hal yang sama dikatakan Tokoh Bali, Dr. Anak Agung Ngurah Manik Danendra, S.H., M.H., M.Kn., menjelaskan bantuan lima buah perahu kepada Walikota Denpasar, merupakan suatu bentuk sumbangsih dari dirinya untuk mempermudah proses pelaksanaan upacara keagamaan yang berhubungan dengan kelautan, selain itu juga nelayan sekitar bisa memanfaatkan perahu tersebut untuk bisa mencari nafkah melaut di tengah kondisi ekonomi yang sedang sulit.

“Walaupun ini cuma sedikit hanya 5 perahu, mudah-mudahan bisa berguna untuk masyarakat sekitar Denpasar,” ucapnya AMD tokoh asal Puri Agung Tegal Denpasar.

Advertisement

AMD melanjutkan, pemberian 5 buah perahu ini merupakan sebagai makna Panca Pandawa AMD for Us Bout sebagai bagian dari program OpenSea AMD bahkan biaya pembuatan kapal ini dirogoh dari kantong AMD pribadi. “Jadi 5 buah perahu ini berfilosofikan Pandawa, dimana ada kebenaran, kekuatan, kebajikan dan lain sebagainya. Artinya, pemberian ini semoga terwujud untuk kemajuan Kota Denpasar,” ungkapnya.

Sementara Jero Bandesa Adat Kesiman, I Ketut Wisna, ST.,MM sangat berterimakasi kepada AMD. Pasalnya, Desa Adat Kesiman yang sudah menetapkan Pantai Padang Galak tempat prosesi upacara yadnya, dan sangat membutuhkan fasilitas perahu. “Kami dari Desa Adat Kesiman mengucapkan terimakasih banyak AMD yang telah membantu kami dalam kelancaran prosesi yadnya di Pantai Padang Galak,” ungkapnya.

Ketua Panitia OpenSea AMD Anak Agung Ngurah Kresnaningrat Danendra yang juga dari komunitas Anak Milenial Dewata menyebutkan penyerahan bantuan kapal ini bermakna open sea, melihat lautan dan diharapkan kapal-kapal ini juga bermanfaat untuk kehidupan di laut.

“Kami berterima kasih kepada Bapak AMD yang sudah memberikan bantuan kapal ini. Kami berterima kasih kepada Bapak Walikota yang sudah menerima bantuan kapal ini dengan baik. Harapannya kapal ini bisa digunakan dan dirawat dengan baik,” ujar anak muda yang akrab disapa JK (Junk Kresna) ini.

AMD juga diharapkan agar terus memberikan sumbangsih pemikiran maupun karya nyatanya untuk membangun Bali dan ikut juga mengawal pembangunan Bali agar tidak salah jalur. Dalam kesempatan ini hadir pula Ketua DPRD Kota Denpasar Gusti Ngurah Gede, Pasemetonan Ageng Puri Tegal Denpasar Pemecutan, tokoh masyarakat Bali Nengah Yasa Adi Susanto, Ketua Paiketan Pemangku Tirta Yatra Baga Pawana Shanti Provinsi Bali Gusti Aji Mangku Ngurah Mendra, perwakilan PHDI Kota Denpasar Ketut Pasek Lingga Wangsa, Bendesa Adat Desa Adat Kesiman I Ketut Wisna, kelompok nelayan/bendega, anak milenial Bali dan undangan lainnya. tra/JP

Advertisement
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Warning: Undefined variable $user_ID in /home/jarrakpos/public_html/wp-content/themes/zox-news/comments.php on line 49

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply