Connect with us

NEWS

Prihatin Melihat Penderitaan Warga, DPC Sahabat Ganjar Beri ban

Published

on

JABAR, JARRAKPOS.COM – DPC Relawan Sahabat Ganjar (SAGA) Kabupaten Cirebon memberikan bantuan 5 mobil Tangki air bersih kepada warga Desa Karangreja Kecamatan  Suranenggala Kabupaten Cirebon yang sedang kesulitan air akibat musim kemarau.

Bantuan tersebut berawal dari mendengar cerita seorang temannya bernama Bunda Lala, yang menceritakan keperihatinanya tentang adanya Desa yang setiap tahun warganya mengalami kesulitan air bersih.

Dari cerita tersebut maka muncul jiwa sosial dari seorang Masto Argandi yang saat ini menjabat sebagai Ketua DPC Relawan Sahabat Ganjar Kabupaten Cirebon  yang kemudian ingin membantu warga Desa tersebut.

Tepat pada hari Jum,at 20 Oktober 2023, Ketua DPC Relawan Sahabat Ganjar Kabupaten Cirebon Masto Argandi mengirim bantuan 5 mobil tangki air bersih untuk kebutuhan hidup 200 Kepala Keluarga di Desa Karangreja Kecamatan Suranenggala Kabupaten Cirebon, Jawa Barat yang sedang mengalami kekurangan air bersih akibat terkena dampakn resapan air laut, sehingga air sumur warga di musim kemarau terasa asin.

Advertisement

Menurut Masto, sebagai Relawan Sahabat Ganjar pihaknya tersentuh hati ingin membantu masyarakat yang memang mengalami kesulitan air bersih untuk masak, minum dan mandi.

” Ya sebagai sesama mahluk Tuhan tentu hati saya tersentuh mendengar dan melihat warga yang kesulitan air, sedangkan air adalah merupakan kebutuhan utama hidup bagi semua orang.

” Bayangkan jika hal tersebut menimpa kita dan keluarga kita, tentu akan terasa sekali penderitaan tersebut, “pungkasnya.

Ditempat yang sama Suwana 40 tahun Warga Desa Karangreja Kecamatan Suranenggala mengatakan, kekeringan di musim kemarau terjadi setiap tahun, dan tahun 2023 terjadi sejak bulan Mei.

Advertisement

Menurut Suwarna, Kondisi lingkungan Desa tersebut berdekatan dengan resapan air laut sehingga ketika musim hujan sumur yang kedalamannya hanya dua meter airnya meluab, dan ketika musim kemarau sumur kering dan kalaupun ada airnya asin dan tidak bisa untuk mandi masak dan minum.

” Sumur yang ada tidak bisa di gali terlalu dalam, sehingga di musim kemarau sumur tersebut kering, jika di gali terlalu dalam air akan semakin asin dan lengket di badan, ” terang Suwarna saat di hubungi awak media.

Menurutnya, dengan adanya bantuan tersebut warga sangat bersyukur karena merasa terbantu, sehingga mereka berbondong-bondong membawa berbagai peralatan wadah air, karena  menururnya air merupakan kebutuhan pokok bagi warga.

Suwarn mengungkapkan, kalau tidak ada bantuan warga harus beli air perjerigen Ro 2.500, untuk kebutuhan sehari-hari dalam satu keluarga untuk kebutuhan air saja bisa menjapai Rp 30.000-40.000.

Advertisement

” Kebutuhan warga disini dalam satu keluarga perhari bisa 10-15 jerigen lebih, pokoknya bisa Rp 30.000-40.000/hari.

” Bantuan ini cuma kepake 3 hari, itupun bagi warga yang punya tempat air yang banyak seperti ember, gentong, jerigen galon dan apa saja biasanya di pakai buat menyimpan air sebanyak-banyaknya

” Dan saya beserta warga lain menyampaikan banyak terimakasih kepada relawan Sahabat Ganjar Kabupaten Cirebon yang telah membantu 5 tangki air bersih, dan semoga Pak Ganjar bisa tetap sehat dan bisa terpilih menjadi Presiden Republik Indonesia, ” pungkanya (Hadi Supangat)

Advertisement
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Warning: Undefined variable $user_ID in /home/jarrakpos/public_html/wp-content/themes/zox-news/comments.php on line 49

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply