Connect with us

Jawa Tengah

Gerakan Nasional Kembali ke Angkutan Umum Terminal Tipe A Tidar Magelang

Published

on

MAGELANG,jarrakpos.com – Kendaraan angkutan umum pernah melegenda di tanah air. Angkutan kereta api,bus kota, mini bus hingga aplet pernah merajai jalanan di semua ruas jalan kota besar di tanah air. Mau kepasar, kesekolah, ketempat kerja, bertandang ke sanak saudara hingga mudik lebaran angkutan umum menjadi pilihanya. Maka tidak jika terminal -terminal bus dan angkutan kota termasuk wilayah magelang yang mulai padat lalu lintasnya.

Era penggunaan transportasi umum mulai bergeser ketika kepemilikan kendaraan roda dua bertambah luar biasa setiap tahunnya. Demikian juga dengan jaringan jalan yang kian mulus serta bahan bakar minyak(BBM)) yang terjangkau harganya karena kesehjateraan masyarakat yang terus meningkat, baik di perkotaan maupun pedesaan.

 

Dok.jarrakpos/fri

Dok.jarrakpos/fri

Namun pertambahan jumlah kendaraan pribadi yang melampaui batas telah menimbulkan banyak persoalan, khususnya di perkotaan. Kemacetan mulai muncul dimana-mana, terbatasnya lahan parkir kendaraan juga menimbulkan masalah sendiri, polusi udara yang mencemari lingkungan kian mengkawatirkan, demikian juga dengan tingkat kematian yang disebabkan oleh kecelakaan lalu lintas juga menungkat pesat.

Pemerinta Presiden Jokowi sejak awal memerintah mendapatkan amanat dari rakyat telah memikirkan jauh hari persoalan persoalan mendasar yang disebabkan oleh meningkatnya jumlah kendaraan pribadi. Bukan hanya kemacetan yang menguras energi, waktu dan biaya BBM yang hilang percuma di tengah jalan, juga menurunnya efisiensi dan produksitivitas masyarakat akibat dari kemacetan yang di timbulkan oleh begitu banyaknya kendaraan yang mengaspal di jalan.

Advertisement

NAIK ANGKUTAN UMUM YUK

Kementrian Perhubungan juga telah menggulirkan Progam Buy The Servise (BTS) Teman Bus. Progam ini diharapkan dapat membangkitkan gairah daerah daerah untuk meningkatkan sektor transportasinya. Khususnya mengajak masyarakat untuk kembali menggunakan angkutan umum untuk bertransportasi dalam kegiatan seharianya.

 

Dok.jarrakpos/fri

Dok.jarrakpos/fri

Sosialisasi Kemenhub Darat tentang Gerakan Nasional Kembali ke Angkutan Umum dilakukan di Terminal Tidar Kota Magelang kata Kepala Terminal Tipe A Magelang Aris hari ini Rabu,(7/12/2023).

Acara dihadiri Dirjen Perhubungan Darat,Sesditjen Perhubungan Darat, Kepala Sub Bagian Tata Usaha BPTD kelas II Jawa Tengah dan Pengawas Selatuan Pelayanan TTA Tidar Kota Magelang.(fri)

Advertisement

 

Editor : Feri

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Warning: Undefined variable $user_ID in /home/jarrakpos/public_html/wp-content/themes/zox-news/comments.php on line 49

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply