POLITIK

Agus Mulyawan : Korban Tertimpa Pohon Tanggungjawab Pemkab Klungkung


Klungkung, JARRAKPOS.com – “Kejadian meninggalnya korban tertimpa pohon di Losan adalah tanggungjawab Pemkab Klungkung, karena pohon tumbang tersebut diduga termasuk ruang terbuka hijau publik,” cetus I Kadek Agus Mulyawan, SH.MH, Lawyer dan Politikus Caleg DPRD Provinsi Bali, dapil Klungkung Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Menurutnya sangat jelas  bahwa hal tersebut didoktrin dalam hukum perdata ada tanggung jawab pemerintah. “Jangankan pohon tumbang, jalan berlubang juga tanggungjawab pemerintah, karena masyarakat dan korban memiliki hak menggugat pertanggungjawaban pemerintah setempat dalam melindungi, menjaga dan merawat fasilitas publiknya agat upaya antisipisasi kejadian serupa tak terulang,” tegasnya.

Ik-19/1/2019

Agus Mulyawan juga mencontohkan, adanya pemasangan tanda peringatan kawasan untuk rawan pohon tumbang semestinya dilakukan pemerintah. “Pemerintah harus ngasih warning (peringatan, red). Dengan upaya tersebut, warga tak akan memarkir kendaraan atau berteduh di area pepohonan yang rawan tumbang. Selain gugatan perdata, pemerintah juga bisa dijerat secara pidana. Harus digali juga kemungkinan pidana kelalaian yang menyebabkan kematian orang lain,” tegasnya lagi.

Baca juga :

https://jarrakpos.com/2019/01/19/caleg-megandong-politik-parasit-pemilih-harus-cerdas-lihat-track-record-caleg/

Disebutkan, korban bisa minta ganti rugi, masyarakat juga bisa juga menggunakan gugatan warga untuk perubahan kebijakan (pemerintah) tinggal memastikan di wilayah mana kejadian tersebut terjadi. Caleg DPRD Provinsi,  nomer urut 1 ini mengungkapkan, keberanian warga untuk menggugat dan memperjuangkan hak-haknya penting agar pemerintah tak mengabaikan fasilitas publik. Lawyer dan Politikus ini juga menyatakan, sangat menyayangkan peristiwa kejadian ini terjadi,

Ik-17/1/2019

“Saya turut berbelasungkawa atas meninggalnya korban dan berharap keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan, korban almarhum Pak Saptawan adalah teman baik saya, beliau orang baik dan bertanggung jawab beliau, meninggalkan istri dan 2 anak laki-laki, tentunya keluarga korban sangat terpukul dengan kejadian ini,  pemerintah harus memberi santunan kepada keluarga korban sebagai bemtuk tanggung jawab moral terhadap masyatakatnya,” bebernya.

 Jarrak Travel

Baca juga :

Baca juga:  Anies ke Banten Dapat Penolakan, Ternyata Ini Penyebabnya

https://jarrakpos.com/2019/01/20/pramono-edhie-turun-bantah-isu-plt-ketua-dpd-demokrat-bali/

Politikus Partai Solidaritas Indonesia (PSI) berharap saat musim hujan sebagai antisipasi agar tidak adanya korban kembali, petugas pemerintah Kabupaten Klungkung harus segera melakukan pengecekan atau berkeliling untuk memeriksa kondisi pohon-pohon perindang di seputar pinggir jalan daerah Klungkung. “Segera lakukan eksekusi atau peneban­gan pohon yang dianggap tidak sehat dan berbahaya dan jangan hanya dilakukan atas laporan atau permohonan masyarakat,” tutupnya. tim/ama

 
JarrakTravel   JarrakTravel   Banner Iklan Rafting Jarrak Travel

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button

Adblock Detected

Matikan Adblok Untuk Melanjutkan