DAERAH

Gelar Guru Piduka, Wabup Artha Dipa Ajak Krama Introspeksi Diri


Karangasem, JARRAKPOS.com – Wakil Bupati Karangasem, I Wayan Artha Dipa selaku ketua panitia umum karya bersama Ny Sarini Artha Dipa hadir pada upacara maguru piduka serangkaian upacara wana kertih, melaspas Pura Pasar Agung, segara kertih, panca Bali krama dan metetingkeb Pura Sad Kahyangan Lempuyang Luhur, di Pantai Amed, Senin (14/1/2019).

Prosesi yang dilaksanakan dalam acara maguru piduka yaitu dengan metakang ayam dan mepekelem kuangen di segara dihatirkan kepada Sang Hyang Baruna dan Siwa Lembu Nandini sebagai penyida karya yang dilakukan oleh Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa. Rangkaian upakata dipuput oleh Ida Pandita Empu Sri Rastra Jaya Kusuma dari Griya Buk Cabe, Kecamatan Rendang.

Baca juga : Tak Hanya Pemedek, Bupati Mas Sumatri Langsung Terjun Bersihkan Sampah Pura Besakih

Acara maguru piduka yang dilaksanakan di Pantai Amed tersebut juga di isi dengan acara tarian sakral yaitu topeng sidakarya, tari rejang renteng dan tari rejang lawas. Artha Dipa dalam kesempatan tersebut mengatakan, acara meguru piduka adalah untuk menyadari kesalahan yang sudah dilakukan atau ajang introspeksi diri. Prosesi seperti ini akan menanamkan pemukiran agar bertindak supaya lebih baik lagi. “semoga upacara wana kertih, melaspas Pura Pasar Agung, segara kertih, panca Bali krama, dan metetingkeb Pura Sad Kahyangan Lempuyang Luhur yang kita laksanakan berjalan dengan lancar. Semoga Ida Sang Hyang Widhi Wasa memberikan keselamatan bagi kita semua, ” ucap Artha Dipa. */ama

 
JarrakTravel   JarrakTravel   Banner Iklan Rafting Jarrak Travel

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button

Adblock Detected

Matikan Adblok Untuk Melanjutkan