POLITIK

Made Urip Bantu Krama Subak di Badung Rp1,169 Milyar, Bangkitkan Semangat Petani Sebagai Pahlawan Pangan


Mengwi, JARRAKPOS.com – Pantang menyerah berjuang untuk mengangkat derajat kehidupan kaum Marhaen, itulah ungkapan yang paling tepat disandang oleh salah satu tokoh senior PDI Perjuangan, Drs. I Made Urip, M.Si yang tak ada henti-hentinya membantu petani dan krama subak. Kali ini, Anggota Komisi IV DPR RI itu, disela-sela agenda resesnya, juga sempat bertatap muka sekaligus menyerahkan bantuan Alsitan atau alat mesin pertanian di Kabupaten Badung tahun 2018, senilai total Rp1,169 milyar.

Penyerahan bantuan ini secara simbolis difasilitasi Ganti (Gerakan Nelayan dan Tani) Bali yang disaksikan Perbekal Desa Sembung, I Nyoman Kariana, beserta Staf Ahli Made Urip, Vindy Faradilah, SE dan I Nyoman Kartika bersama pekaseh serta petani dan krama subak di Bale Subak Uma Tegal, Desa Sembung, Mengwi, Badung, Sabtu (10/11/2018).

Bantuan Alsintan berupa 20 unit handtraktor zena rotary 8.5 inch (Rp734 juta), 2 unit combine harvester (Rp200 juta), 10 unit power thresher (Rp200 juta), 1 unit pompa air (Rp25 juta) dan 20 unit hansprayer (Rp10 juta).

 

Seperti diungkapkan Ketua Ganti Badung Nyoman Bagiana selaku panitia penyelenggara sebelumnya, Made Urip juga sempat menyerahkan bantuan 20 ribu bibit tanaman produktif di seluruh Bali. Dikatakan, wakil rakyat empat periode ini sudah terbukti membantu petani dan krama subak. Karena itulah di Kabupaten Badung juga diprioritaskan menyerahkan bantuan Alsintan.

Baca juga:  Anies ke Banten Dapat Penolakan, Ternyata Ini Penyebabnya

“Berapa milyar dan berapa ratus traktor di Kabupaten Badung yang telah diperjuangkan oleh Bapak Urip dan Bu Vini yang membantu di lapangan. Untuk itu, Pileg 2019 karena Pak Made Urip selalu membantu petani dan krama subak akan kompak mencoblos Caleg nomor urut 1 di DPR RI dapil Bali dari PDI Perjuangan,” tandas Ketua Kortek Badung itu.

 Jarrak Travel

Baca juga :

Wakil Rakyat “Sejuta Traktor” Resmikan UPPO Nandini Nadi, Bantu Penuhi Kebutuhan Pupuk Organik

Hal senada disampaikan, Ketua Ganti Bali, I Nyoman Suardita mengakui bersama Made Urip selaku Dewan Pembina Ganti Bali, memfalitasi krama subak dan kelompok tani untuk memajukan sektor pertanian, salah satunya memberi bantuan aspirasi yang diperjuangkan Made Urip. Bantuan tersebut diharapkan digunakan dengan baik untuk kemajuan sektor pertanian di Bali dengan terus meningkatkan produksi pertanian.

“Pak Made Urip sudah terus berjuang untuk ikut meningkatkan produktifitas pertanian dengan terus memberikan bantuan kepada petani di Bali,” ujarnya seraya ditambahkan Pekaseh Uma Tegal Ketut Sedang yang langsung mengucapkan terimakasih atas respon Made Urip sehingga krama subak bisa lebih maju dan berkembang.

“Kita sudah membuktikan bantuan beliau (Made Urip, red). Selanjutnya kita harap terus membantu krama subak. Karena itu Pileg 2019, seluruh petani akan kompak mendukung Bapak Made Urip,” tegasnya.

Baca juga:  Peringatan HUT PDI Perjuangan Ke 50, Baguna Kota Palembang Solid untuk Terus Membantu Masyarakat

Sementara itu, Perbekel Desa Sembung, I Nyoman Kariana juga mengakui Made Urip sudah sangat terkenal membantu masyarakat, khususnya petani dan krama subak. Berkat bantuan untuk krama subak ini akan mendukung Made Urip agar bisa naik kelima kalinya.

“Pak Made Urip tak perlu disangsikan lagi selama ini. Sehingga kita yakin akan kembali duduk di DPR RI, agar bisa memperjuangkan petani. Saya di subak siap memperjuangkan dan mendukung agar terpilih kembali menjadi DPR RI mendatang,” paparnya seraya ditanggapi oleh Made Urip yang menegaskan bersama Ganti Bali menggerakan sektor pertanian dengan berbagai program yang membantu petani dan krama subak.

Untuk itulah, pihaknya memberikan apresiasi kepada Ganti Bali bersama Prebekel Desa Sembung menjembatani para petani dan krama subak bertepatan dengan Hari Pahlawan menyerahkan bantuan Alsintan untuk para petani sebagai Pahlawan Pangan yang berjuang di basis sektor pertanian.

“Saking cintanya kepada petani kita memberi ruang untuk mengusulkan program dari pusat, meskipun setiap Pileg sebenarnya basis saya di Tabanan saja sudah mencapai 120 ribu suara. Namun karena Dapilnya Bali juga harus berjuang di Badung, khususnya untuk membantu petani dan krama subak,” beber wakil rakyat sejuta traktor itu.

Baca juga:  Diduga Takut Borok Terkuak, KPU Tapsel Tidak Penuhi Undangan Komisi A DPRD

Baca juga :

Wakil Rakyat Sejuta Traktor Gelontorkan UPPO dan PUPM Rp1,2 Milyar, Lindungi Kelestarian Plasma Nutfah Sapi Bali

Dikatakan, sebagai wakil rakyat juga wajib menyerap keluhan-leluhan petani, sehingga tahun 2018 membagikan Alsitan seperti di Badung sekitar Rp1 milyar lebih untuk mengangkat produktifitas petani.

“Saya selama ini terus konsisten di Komisi IV, karena saking cintanya dengan petani yang jujur dan polos. Jadi jika bermitra sangat tepat di sektor pertanian, karena jadi mitra kerja di Komisi IV DPR RI selama empat periode. Saya harapkan bantuan ini dapat berguna meningkatkan produksi pertanian di Badung. Kedepan juga diharapkan agar terus disampaikan aspirasi dan usulan yang bisa diperjuangkan di tingkat pusat,” papar Ketua DPP PDI Perjuangan dua periode ini, sekaligus menjelaskan betapa pentingnya membangun sektor pertanian secara berkelanjutan.

Untuk itulah, Made Urip akan membuka akses bantuan di tahun 2019, misalnya berupa Alsitan, UPPO, (Unit Pengolahan Pupuk Organik), PUMP (Program Usaha Mina Pedesaan) ataupun bantuan bibit tananam produktif. “Jika ada usulan akan diperjuangkan nantinya. Saya akan berusaha untuk membantu memperjuangkan di Kementerian Pertanian,” tutupnya. aka/ama

 
JarrakTravel   JarrakTravel   Banner Iklan Rafting Jarrak Travel

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button

Adblock Detected

Matikan Adblok Untuk Melanjutkan