DAERAH

Tiga Ribu Warga Arak Bade Setinggi 24 Meter, Antarkan Plebon Ida I Gusti Ngurah Jelantik XXIV


Blahbatuh, JARRAKPOS.com – Sekitar tiga ribu warga mengantarkan jasad Panglingsir Puri Ageng Blahbatuh, Ida I Gusti Ngurah Jelantik XXIV, Selasa (18/12/2018 sekira pukul 12.55. Bade Padmanegara setinggi 24 meter dengan berat 15 ton yang digunakan untuk mengantar jasad Panglisir Puri Blahbatuh berangkat menuju Setra Blahbatuh. Nampak ribuan warga terlibat dalam prosesi itu. Jalan menuju Puri Blahbatuh dari pertigaan Tojan, Desa Belega, dan jalan Dharmagiri Gianyar ke Blahbatuh ditutup total oleh polisi bersama Dinas Perhubungan Gianyar.

Warga pun rela memarkir kendaraannya di lokasi yang jauh dan berjalan kaki menuju Puri Blahbatuh di siang bolong. Sebelum bade tinggi itu berjalan, diawali dengan menggotong lembu putih menuju setra. Sementara itu, dari perempatan Blahbatuh, bade yang diusung ribuan krama itu berjalan memutar ke selatan. Kemudian menuju ke barat. Sampai di depan setra Blahbatuh sekira pukul 13.54, sanan atau bambu yang digunakan terlalu lebar dan tidak muat ketika masuk ke candi bentar (gerbang) setra. Sehingga sanan sempat digergaji menggunakan mesin sensor.

Baca juga:  Lapas TBA Gelar In House Training Pengendalian Gratifikasi
Baca juga : 
Di setra sudah disiapkan tragtag (tangga) untuk menurunkan layon (jasad) yang diletakkan di bagian atas bade. Layon kemudian dimasukkan ke dalam punggung lembu putih yang sudah lebih dulu tiba di setra. Selanjutnya, jasad panglingsir yang penghobi anggrek itu dikremasi bersama lembu putih. Menurut putra mendiang, Anak Agung Ngurah Kakarsana, Upacara Palebon ini, merupakan persembahan terakhir bagi panglingsir. “Ini bentuk penghormatan kami kepada almarhum,” ungkapnya. Int/ama

 
JarrakTravel   JarrakTravel   Banner Iklan Rafting Jarrak Travel

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button

Adblock Detected

Matikan Adblok Untuk Melanjutkan