EKONOMI

LPD Peguyangan Tutup Tahun 2018, Kinerja Memuaskan Sambut Tahun Baru 2019


Denpasar, JARRAKPOS.com – Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Desa Pakraman Peguyangan kinerjanya tetap memuaskan, jelang tutup tahun 2018. Bahkan, mampu tetap tumbuh dengan meraih laba sesuai target yang ditetapkan. Padahal kondisi ekonomi sepanjang tahun 2018 tidak jauh berubah dibanding tahun sebelumnya dan malah lebih fluktuatif, sehingga sektor lembaga keuangan ikut terdampak.

Lm-27/12/2018

Seperti diungkapkan, Kepala LPD Desa Pakraman Peguyangan I Wayan Darmitha menyampaikan sekilas pencapaian LPD sepanjang tahun 2018. Dikatakan, meskipun situasi 2018 cukup sulit, namun LPD mampu menyelesaikan tugas dengan sangat baik. “Dibuktikan dengan laba yang sesuai target yakni sebesar Rp 2,580 miliar dengan total raihan aset tahun 2018 sebesar Rp 101,3 miliar,” ungkapnya saat Tutup Tahun 2018 dan Menyambut Tahun Baru 2019 megandeng sejumlah tokoh Desa Adat Peguyangan di Warung D’eza, Denpasar, Minggu (30/12/2018).

Baca juga :

 

https://jarrakpos.com/2018/12/30/beh-tahun-baru-2019-di-bali-terancam-pemadaman-listrik-bergilir/

Diakui Darmitha, pada bulan Juni 2018 lalu LPD Peguyangan sempat merevisi target laba 2018 dari Rp 3,699 miliar menjadi Rp 2,5 miliar. Hal tersebut dilakukan karena melihat kondisi ekonomi regional selama 2018 yang belum membaik, sehingga target sebelumnya dinilai kurang raalistis. “Melihat kondisi ekonomi selama 2018 kami tidak berani mematok target terlalu tinggi sehingga lakukan revisi, hal tersebut juga dilakukan untuk menghindari komentar negatif tentang pertumbuhan LPD,” ujar Darmitha.

Baca juga:  Terkait Isu Penculikan Anak, Polda Jateng Minta Masyarakat Waspada dan Jangan Panik
22/12/2018

Menurut Darmitha, pertumbuhan LPD selama 2018 sangat memuaskan terlebih jika berkaca dari lembaga keuangan lain yang juga terkena dampak dari kelesuan ekonomi. Bahkan, dengan laba yang diperoleh tahun ini 20 persennya atau sebesar Rp 516 juta kembali bisa diserahkan ke desa adat untuk bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin membangun desa. Kedepan LPD Peguyangan, diakui Darmitha akan terus meningkatkan kinerja untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal. Ia berharap seluruh krama adat Desa Peguyangan mau memanfaatkan LPD semaksimal mungkin.

 Jarrak Travel

Baca juga :

Baca juga:  Danmenarmed 2 Putra Yudha Kunjungi Yonarmed 11 Guntur Geni Kostrad

https://jarrakpos.com/2018/12/30/terpilih-jadi-bendesa-ida-bagus-sunartha-segera-wujudkan-dtw-sangeh-berkelas-dunia/

Terlebih pada tahun 2020 nanti Desa Pakraman Peguyangan berencana menggelar karya besar di Pura Desa Peguyangan dan LPD akan terlibat untuk medukung pembiayaan upacara tersebut. “LPD juga akan membantu pembiayaan atau menggelar upacara Metatah massal dan Nyambutin gratis, untuk itu kami harap krama adat setempat bisa lebih aktif lagi menempatkan dana dan mencari dana di LPD,” ujarnya.

Ik-20/12/2018

Hal senada juga diungkapkan Bendesa Adat Desa Pakraman Peguyangan I Ketut Sutama, menurutnya pencapaian LPD sepanjang tahun 2018 sudah sangat memuaskan mengingat kondisi ekonomi yang sulit. Ia berharap krama adat semakin mendukung setiap program yang dimiliki LPD sehingga target-target yang ditetapkan bisa tercapai dengan baik. “Secara umum pencapaian LPD sangat memuaskan, kedepan krama adat harus lebih aktif lagi memanfaatkan LPD sehingga nantinya kontribusi LPD bisa lebih kuat lagi kepada desa pakraman, ” ujarnya.

Baca juga:  Danmenarmed 2 Putra Yudha Kunjungi Yonarmed 11 Guntur Geni Kostrad

Baca juga :

https://jarrakpos.com/2018/12/30/fenomena-kekuatan-geopolitik-tentukan-caleg-jadi-tak-pernah-ngayah-tak-akan-dipilih-masyarakat/

Demikian juga yang diungkapkan Ketua Kerta Desa Desa Pakraman Peguyangan A.A Ngurah Gede Widiada. Menurutnya, ditengah lesunya perekonomian dan tahun politik LPD Peguyangan bisa tumbuh sedemikian rupa adalah sebuah prestasi yang membanggakan. Ia berharap seluruh krama adat setempat bisa memberikan apresiasi serta ucapan terima kasih atas kinerja LPD. Kedepan fungsi LPD akan semakin vital untuk perkembangan desa pakraman oleh karena itu krama diharapkan mampu meningkatkan kepercayaan serta partisipasinya dalam membantu pertumbuhan LPD.

Ik-20/12/2018

“LPD adalah salah satu hasil dari dari kapital budaya yang dimiliki Bali, oleh karena itu keberadaannya harus didukung penuh dan dimanfaatkan sebaik-baiknya terutama berkaitan dengan kebutuhan ekonomi, ” pungkasnya. tim/ama

 
JarrakTravel   JarrakTravel   Banner Iklan Rafting Jarrak Travel

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button

Adblock Detected

Matikan Adblok Untuk Melanjutkan