DAERAH

Momentum HUT Ke-50 EDS, Berkarya Tebarkan Senyuman Emas Mengisi Kemerdekaan


Denpasar, JARRAKPOS.com – Camat Denpasar Selatan I Wayan Budha memberikan apresiasi semangat pemuda Sekaa Teruna (ST) Eka Dharma Suniya (EDS) Banjar Sakah, Desa Pakraman Kepaon Desa Pamogan yang terus mengasah diri dalam mengisi kemerdekaan Republik Indonesia. “Peranan generasi muda amat penting dalam mengisi kemerdekaan sehingga mampu bersaing dalam era globalisasi dan era digital,” kata Budha yang didampingi Prebekel Pamogan I Nyoman Gede Wiriyanata di Denpasar, Minggu (28/10/2018).

Hal itu disampaikan ketika membuka acara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-50 Tahun ST Eka Dharma Suniya yang mengusung tema “Senyuman Emas”. Kegiatan itu menghadirkan Artis Nasional Pongki Barata, Band, Lawak, Janger, Musikal Anak-Anak dan Senam Kecak. Digelar juga perlombaan untuk anak-anak dan jalan sehat yang semua komponen masyarakat. Meskipun hujan deras mengguyur acara, tidak menurunkan semangat peserta mengikuti acara hingga selesai. Menurutnya, ajang itu bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, diharapkan dapat menjiwai semua anggota pemuda agar selalu berinovasi dan berkreativitas.

Baca juga:  Tuahta Pamit, Bahar Siap Jalankan Amanah

Baca juga :

 

https://jarrakpos.com/2018/10/28/umat-wajib-tangkil-pura-ulun-danu-batur-segera-gelar-karya-agung-danu-kerthi/

Dengan tetap mempertahankan seni dan budaya Bali yang adi luhung, disamping mengikuti perkembangan zaman. Sementara itu, Kelian Adat Banjar Sakah AA Gede Agung Aryawan mendorong terus organisasi pemuda Hindu agar memiliki prestasi tingkat daerah, nasional dan internasional. “Saya merasa bangga pada mereka, sudah berhasil bikin acara berlevel nasional tidak saja bersifat lokal dan mandiri dengan melibatkan semua komponen masyarakat,” ujarnya.

 Jarrak Travel
Ik-10/10/2018

Prestasi dimaksud tidak hanya bidang seni dan budaya, namun yang bidang lainnya juga baik akademik dan non akademik. Kiprah ST Eka Dharma Suniya sempat meraih Juara I Lomba Sekaa Teruna Teruni Tingkat Provinsi Bali Tahun 2003. Begitu juga pada tahun sebelumnya meraih Juara I Sekaa Teruna Teruni Se-Kota Denpasar. Keberhasilan itu yang membuktikan perhatiannya dalam membangun wilayah dengan membangkitkan sumber daya manusia (SDM) sehingga meraih prestasi pada masing-masing bidang. “Selain seni dan budaya, pemuda-pemuda kami juga sempat menjuarai olahraga volly, olimpiade dan lainnya,” ungkap Gung De yang ikut berjuang membawa aspirasi masyarakat sebagai Calon Legislatif (Caleg) Kota Denpasar pada Tahun 2019.

Baca juga:  Anggota TNI Bersama Aparat Desa Kompak Bersihkan Bekas Material Longsoran Tanah

Baca juga :

https://jarrakpos.com/2018/10/27/gubernur-koster-segera-motor-listrikan-bali/

Untuk itu, acara itu dapat dijadikan momentum bersama dalam membangun kesadaran pemuda dan masyarakat agar terus berkarya. Apalagi dengan hiburan Artis Pongki Barata dapat mengenang kejayaannya ketika masih jadi pemuda yang bergabung menjadi anggota ST Eka Dharma Suniya. “Ajang ini juga sebagai acara reuni dan nostalgia bagi masyarakat yang pernah ikut menjadi anggota sekaa teruna,” ujarnya. Disamping itu, pihaknya juga selalu menjaga kerukunan antar umat beragama. Hal itu sebagai implementasi “Tri Hita Karana” yang merupakan nilai-nilai universal Hindu Bali.

Baca juga:  Kapolres Kuningan, Tampung Keluhan Warga Sindangsari di Giat Jum'at Curhat
Ket foto : Yayasan Yeshua Home International membuka “Dompet Peduli Bencana” bantuan untuk korban gempa Palu dan Donggala.L

Ketua Panitia Ni Wayan Nuryanti menambahkan, kegiatan itu dapat memberikan senyuman bahagia kepada masyarakat sesuai dengan tema yang diusung. Senyuman itu diyakini dapat memberikan vibrasi positif dalam membangun kerukunan dan keharmonisan. Dengan demikian, kerjasama dan kerbersamaan warga dapat terjalin sehingga dapat melangkah bersama dalam membangun bangsa. aya/ama

 
JarrakTravel   JarrakTravel   Banner Iklan Rafting Jarrak Travel

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Matikan Adblok Untuk Melanjutkan