DAERAH

Tak Hanya Pemedek, Bupati Mas Sumatri Langsung Terjun Bersihkan Sampah Pura Besakih


Karangasem, JARRAKPOS.com – Menciptakan suasana bersih dan nyaman di areal tempat suci, Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri didampingi Sekda Adnya Mulyadi turun langsung mengajak seluruh Kepala OPD dan staf bergotong-royong membersihkan area Pura Dalem Puri, Desa Besakih, Rendang, Minggu (13/1/2019). “Saya miris dan sedih ketika melihat kiriman di medsos tentang penumpukan sampah di sini,” ujar Mas Sumatri.

Bupati Mas Sumatri juga menekankan bahwa pemerintah daerah selalu akan mengkoordinasikan kepada seluruh jajaran baik ditingkat desa adat sampai kelompok-kelompok masyarakat terkecil bahwa kebersihan pura harus dijaga dan tidak hanya menjadi tanggung jawab pemedek. Hal ini bentuk implementasi dari Pergub 97 tahun 2018 terkait pembatasan timbulan sampah. Kegiatan tersebut diharapkan menjadi contoh kepada masyarakat. Karena dengan lingkungan tempat beribadah yang bersih maka akan tercipta keheningan bersembahyang.

Baca juga : Sambut Nyepi 1941 Saka, Bali Harus Bebas Sampah Plastik Sekala Niskala

Diketahui Karya Usabe di Pura Dalem Puri berlangsung setiap tahun. Untuk menjaga kebersihan areal pura kedepan diharapkan partisipasi krama pemedek untuk bersama menjaga kebersihsn usai melaksanakan persembahyangan. Kedepan diharapkan usai bersembahyang pemedek mengambil bekas-bekas sampian atau canang dan tidak membuang sampah di areal pura. Usai gotong royong di Pura Dalem Puri , Bupati Mas Sumatri juga menyempatkan diri melihat langsung TPS yang ada di Desa Bugbug dengan harapan keberadaan TPS tersebut benar- benar bisa dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat sekitar. */ama

 
JarrakTravel   JarrakTravel   Banner Iklan Rafting Jarrak Travel

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button

Adblock Detected

Matikan Adblok Untuk Melanjutkan