EKONOMI

Tembus Target Rp10 Milyar, BPR Werdhi Sedana Salurkan Kurda Bunga 6 Persen


Gianyar, JARRAKPOS.com – Sejak diluncurkan bulan Februari 2018, Perusahaan Daerah Bank Perkreditan Rakyat (PD BPR) Werdhi Sedana Kabupaten Gianyar telah berhasil menyalurkan Program Kurda (Kredit Usaha Rakyat Daerah) yang menembus target lebih dari Rp10 milyar. Prestasi ini menjadikan BPR milik masyarakat Gianyar ini berada di rangking 10 menyalurkan kredit di Gianyar dengan rasio NPL 3,05 persen. “Sampai dengan posisi di tanggal 14 Desember sudah melampaui Rp10 milyar. Program pemerintah Kabupaten Gianyar dalam rangka pemberdayaan dan penguatan permodalan untuk masyarakat pelaku UKM dengan plafon Rp 50 juta,” ungkap Direktur Utama, I Nyoman Suparsa Widana, SE.MM saat Padu Raksa Tahun ke-4 PD BPR Werdhi Sedana di Gianyar, Sabtu (15/12/2018).

PD BPR Werdhi Sedana telah menyalurkan Kurda kepada sembilan koperasi dan 247 UKM. Kurda ini untuk ikut serta mendukung program pemerintah pusat dalam memberikan kredit usaha ratyat (KUR). Pihaknya memberikan bunga 6 persen menurun per tahun, pelaku UKM diberikan plafon kredit hingga Rp 50 juta. Untuk koperasi plafon kredit hingga Rp 100 juta dan akan meningkat di tahun 2019 menjadi Rp300 juta per koperasi. BPR milik Pemkab Gianyar ini, miliki aset sebesar Rp206,5 milyar dengan posisi kredit Rp65,7 milyar, BPR Werdhi Sedana juga dikuatkan dengan adanya penyimpanan dana desa dari 64 dana desa se-Kabupaten Gianyar. “Astungkara di 2019 kita juga dianggarkan (program Kurda, red) Rp10 milyar lagi di APBD. Dari sisi plafon memang kita lebih kecil daripada KUR pusat, karena kita maksimal hanya Rp50 juta untuk pelaku UKM. Sedangkan koperasi Rp100 juta dan di 2019 koperasi plafonnya akan naik menjadi Rp300 juta per koperasi,” jelasnya.

Baca juga:  Danmenarmed 2 Putra Yudha Kunjungi Yonarmed 11 Guntur Geni Kostrad

Baca juga : Undian Gratis Berhadiah Gong Bali Dwipa Banjir Hadiah Rp2 Milyar

 

Melalui Padu Raksa ke-4 dengan menghadirkan perwakilan nasabah, BPR Werdhi Sedana kembali mengevaluasi program kerja terkait pelayanan dan produk yang telah dipasarkan. Sekaligus mengapresiasi atas kepercayaan masyarakat Gianyar yang telah mempercayakan BPR Werdhi Sedana untuk mengelola dana masyarakat sebagai bank pilihan rakyat. Hasil pengawasan dari OJK, mulai dari tujuh tahun yang lalu setiap tahun BPR Werdhi Sedana mendapatkan penghargaan sebagai salah satu BPR terbaik di tingkat nasional dari sisi kinerja keuangan. Kedepan Nyoman Suparsa berharap pihaknya mampu mewujudkan peningkatan pelayanan dengan berfokus pada kebutuhan nasabah di era milenial berbasis digitalisasi. Saat ini BPR Werdhi Sedana sudah memiliki layanan akses online sehingga nasabah bisa mengetahui posiai dana yang tersimpan.

Baca juga:  Danmenarmed 2 Putra Yudha Kunjungi Yonarmed 11 Guntur Geni Kostrad
Ket foto : Direktur Utama PD BPR Werdhi Sedana Gianyar, I Nyoman Suparsa Widana, SE.MM bersama (kiri) bersama Direktur, A.A. Bagus Dana Arimbawa SE.

Kedepan BPR Werdhi Sedana juga berencana akan memberikan layanan ATM bagi nasabah serta menjalin kerjasama dengan bank umum. Pada acara Padu Raksa ke-4, bank yang tercatat sebagai penghimpun DPK (dana pihak ketiga) terbaik ke-2 di Kabupaten Gianyar ini menyiapkan dua doorprize hadiah utama berupa dua unit sepeda motor dan puluhan hadiah elektronik dan hiburan. Ketua Dewan Pengawas Drs. Anak Agung Gede Bagus mengatakan, PD BPR Werdhi Sedana sudah mengalami peningkatan dengan kemampuannya membukukan laba cukup besar. Dimana 50 persen laba menjadi PAD (Pendapatan Asli Daerah) Kabupaten Gianyar dan 10 persen keuntungan lainnya akan kembali diserahkan dan distribusikan keseluruh desa di kabupaten seni ini.

 Jarrak Travel

Baca juga : 

Baca juga:  Terkait Isu Penculikan Anak, Polda Jateng Minta Masyarakat Waspada dan Jangan Panik

Siemens Luncurkan Inovasi Teknologi CT-Scan dan Ultrasound Terbaru di Indonesia

Progran yang diberikan pemerintah Kabupaten Gianyar melalui Kurda juga diharapkan didukung seluruh jajaran pemerintahan desa agar mampu memberikan informasi kepada UMKM yang tersebar di 274 desa pakraman. Terlebih BPR Werdhi Sedana yang berkantor pusat di Jalan Ngurah Rai No.77 Gianyar ini telah memiki kantor kas di seluruh kecamatan di Kabupaten Gianyar. Yakni Kantor Kas Blahbatuh, Kantor Kas Sukawati, Kantor Kas Ubud, Kantor Kas Payangan, Kantor Kas Tampak Siring dan kantor Kas Tegalalang. “Mungkin kepala desa bisa mengkondisikan Kurda di masing-masing desa sehingga bisa mengembangakan perekonomian desa. Dengan bunga 6 persen menurun pertahun, atau setengah persen satu bulan menurun,” paparnya. eja/ama

 
JarrakTravel   JarrakTravel   Banner Iklan Rafting Jarrak Travel

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button

Adblock Detected

Matikan Adblok Untuk Melanjutkan